Deskripsi Lengkap Fungsi Oksigen Pada Darah

Deskripsi Lengkap Fungsi Oksigen Pada Darah – Oksigen pada darah manusia itu sangat penting, oksigen memiliki sifat tidak berwarna, tidak dapat disentuh, tidak dapat di lihat dan tidak berbau.

Oksigen merupakan unsur terpenting bagi kehidupan manusia dan siklusnya, oksigen sangat di butuhkan manusia sebab manusia harus bernafas, dalam prosesnya menjalankan kinerja sistem pernafasan, fungsi dan keberadaan oksigen sangat dibutuhkan, tanpa oksigen maka proses sistem pernafasan tidak akan pernah terjadi, karena pernafasan itu masuknya oksigen ke dalam tubuh melalui paru paru ke jantung dan mengeluarkan karbon dioksida, simak terus ya artikel ” Deskripsi Lengkap Fungsi Oksigen Pada Darah Baca sampai selesai ya !

Baiklah, mari kita lanjutkan lagi bacanya, sebelumnya agar tidak terlalu serius, siapkan segelas air putih ya, ini bertujuan agar anda tetap bisa fokus dan konsentrasi dalam membaca artikel ” Deskripsi Lengkap Fungsi Oksigen Pada Darah ” mengingat artikel ini begitu penting untuk di pahami hehehe…..

Apakah anda tahu, bahwa fungsi oksigen pada darah sangat vital dalam kehidupan manusia itu sendiri. Dengan adanya oksigen masuk ke dalam tubuh manusia, oksigen berfungsi pada darah untuk regenerasi sel sel tubuh, oksigen juga berfungsi pada darah untuk melancarkan peredaran darah,membantu seluruh sel tubuh bisa bekerja secara maksimal dan optimal, mengoptimalkan daya ingat, meningkatkan konsentrasi, mencegah timbulnya berbagai penyakit berbahaya, mencegah dan mengatasi stress, menjaga kekebalan tubuh, mengontrol terjadinya gangguan psikis dan masih banyak manfaat oksigen pada darah serta tubuh kita.

Oksigen yang cukup pada darah serta tubuhnya akan membuat seluruh sel sel tubuh berfungsi secara normal, sehingga dengan demikian fungsi tubuh bekerja secara optimal, itulah bukti nyata bahwa fungsi oksigen pada darah sangat vital sekali dalam kehidupan manusia ini, jadi jaga kebutuhan oksigen pada darah anda saat ini juga, jika kemarin lupa atau belum tahu, maka sekarang saatnya untuk menjaganya dengan baik, gimana sudah paham kan sedikit penjelasan manfaat dan fungsi oksigen di atas ? eitss, artikel ini belum selesai, baca sampai selesai ya artikel ”  Deskripsi Lengkap Fungsi Oksigen Pada Darah ” karena jika baca sesuatu belum selesai, biasanya bukannya ilmu yang di dapatkan, bahkan sebaliknya hanya sebuah salah paham yang akan anda dapatkan.

Oksigen berperan sangat penting karena tubuh manusia yang aktif perlu adanya kolaborasi prosentasi oksigen hingga mencapai 96% lebih. Fungsi oksigen pada darah sangat vital, karena saat oksigen di dalam darah berkurang, maka akan menyebabkan dan menimbulkan berbagai macam keluhan bahkan juga penyakit berbahaya seperti : sesak napas, pusing, mual, sulit tidur, atau bahkan selalu ingin tidur, sulit konsentrasi, mudah lupa, lebih parahnya kematian.

fungsi oksigen pada darah
fungsi oksigen pada darah

Inilah Akibatnya Jika Kekurangan Oksigen Pada Darah, Maka Fungsi Oksigen Pada Darah Terganggu, Berikut Deskripsi Lengkap Fungsi Oksigen Pada Darah Jika Terganggu ;

  • Pingsan
    Kekurangan oksigen memang erat hubungannya dengan pingsan, kita tentu sering melihat adanya orang yang pingsan pada kerumunan, saat berdesak desakan, atau mungkin saat berada di pegunungan. Itu karena aliran suplay oksigen yang di dapatkan orang tersebut sangat kurang sehingga orang tersebut menjadi sesak napas kemudian jatuh pingsan.
  • Stroke
    Perlu di ingat bahwa seluruh sel di dalam otak memerlukan oksigen secara terus menerus untuk bisa bertahan hidup, oksigen juga membawa nutrisi untuk otak, sehingga oksigen bisa melakukan fungsinya dengan baik. Coba bayangkan, bagaimana jika oksigen yang membawa nutrisi yang di angkut oleh darah terhenti ? maka jelas akibatnya, darah terhenti maka oksigen tidak bisa masuk, sebab darah adalah alat kendaraan untuk membawa oksigen, yang terjadi yaitu timbul penyakit stroke, stroke adalah kondisi di mana seluruh sel sel di dalam otak mengalami kerusakan, karena adanya hambatan pada darah.
  • Anemia
    Anemia merupakan suatu penyakit sebuah kondisi dimana seseorang berada dalam kondisi tubuh kurang darah. Pada beberapa kasus anemia terjadi bukan di sebabkan volume darah yang kurang tetapi karena pada banyak faktor, terutama faktor karena kandungan oksigen pada darah terlalu sedikit, jumlah oksigen sedikit berpengaruh pada kondisi keadaan anemia biasa di kenal dengan keadaaan kondisi kurang darah. Di dalam darah ada namanya hemoglobin ( Hb ), di mana Hb berfungsi untuk mengangkut oksigen kemudian di alirkan ke seluruh tubuh untuk membantu proses pengolahan makanan menjadi sebuah energy ( tenaga ).Jika jumlah Hb di dalam darah berkurang, maka oksigen yang berhasil di bawa ke seluruh sel sel tubuh juga sedikit. Darah memerlukan oksigen untuk bisa dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan oksigen dalam darah bisa membuat tubuh mengalami masalah serius. Selain olahraga teratur dan transfusi darah, dengan meningkatkan nutrisi hal ini juga bisa meningkatkan oksigen dalam darah seseorang.Volume oksigen di dalam darah bisa berkurang karena beberapa sebab, diantaranya yaitu karena asma, gangguan paru paru, dan juga kekurangan zat besi ( anemia ). Beberapa orang dengan kondisi oksigen rendah, maka biasanya akan menunjukkan gejala seperti sesak napas, gelisah, sakit kepala, pusing, gangguan tekanan darah, bahkan kulit kebiruan. Baca juga info lainnya, Apa Manfaat Oksigen Bagi Tubuh Dan Darah ?

Sementara ini dulu artikel ” Deskripsi Lengkap Fungsi Oksigen Pada Darah ” lain waktu di lanjutkan lagi untuk melengkapi artikel ini ya ! semoga bermanfaat………

" data-url="http://www.cakrawalakesehatan.com/deskripsi-lengkap-fungsi-oksigen-pada-darah.html" data-width=640 data-height=480> Share Linkedin Pinterest Google+
error: Content is protected !!